8 Langkah Mudah Menggunakan T-Money di Seoul

21
4051
8 Langkah Mudah Menggunakan T-Money di Seoul - Solo To Duo
8 Langkah Mudah Menggunakan T-Money di Seoul - Solo To Duo

Kalian yang mau ke Korea Selatan dan Seoul khususnya pasti akan sering menggunakan T-Money, sebuah kartu serba guna yang bisa di gunakan untuk berbagai keperluan Pembayaran selama di Korea Selatan, seperti Pembayaran Subway, Pembayaran di 7-Eleven atau Convenience Store lainnya, dan masih banyak lagi. Inti nya jika kalian mau ke Seoul kalian harus tahu dulu 8 Langkah Mudah Menggunakan T-Money di Seoul.

8 Langkah Mudah Menggunakan T-Money di Seoul - Solo To Duo
8 Langkah Mudah Menggunakan T-Money di Seoul – Solo To Duo

Saya dan istri berkesempatan ke Seoul pada tahun 2016 lalu (untuk cerita perjalanannya nanti saya tulis ya). Dan kami pikir T-Money ini masih banyak orang Indonesia yang tahu cara penggunaannya (saya melihat beberapa wisatawan Indonesia yang kebingungan ketika menggunakannya di Seoul). Maka, kami rasa hal ini cukup berguna untuk di share ke blog ini.

Ok, bagi kalian yang pernah ke Luar Negeri, khususnya ke Singapura mungkin T-Money ini akan tidak asing, karena konsep nya Sama dengan EZ-Link Card yang di miliki Singapura. One Ring to Rule Them All, eh salah One Card for All Payment, ya satu kartu untuk segala kegiatan bayar-membayar. Cukup efisien sih, jadi kita gak perlu repot-repot ngantongin banyak Uang Cash kan (mungkin suatu saat Indonesia akan punya juga, aamiin).

Kita akan pelajari satu-persatu langkah nya ya dari Cara Membeli T-Money, Top Up Saldo T-Money, hingga Menggunakan T-Money di Seoul.

01. Dimana Membeli T-Money di Seoul?

Cukup mudah untuk mencari tempat pembelian T-Money selama di Seoul, karena T-Money ini di jual di beberapa tempat (toko) yang memang sangat umum, salah satu nya di Convenience Stores, seperti:

  • 7-Eleven
  • GS25
  • With Me
  • Family Mart
  • Mini Stop

Contoh nya seperti kami ketika tiba di Bandara Incheon, Seoul. Langsung menuju 7-Eleven yang berada di lantai 1 dari bandara ini untuk membeli T-Money yang bergambarkan karakter Line Apps.

Note: Untuk GS25 kalian bisa langsung Membeli Kartu T-Money dan Top Up Saldo namun untuk 7-Eleven hanya bisa untuk membeli kartu T-Money nya saja dan Top Up nya harus di Vending Machine.

02. Berapa Harga T-Money?

Harga T-Money ini beragam, karena di bedakan berdasarkan design nya. Untuk harga nya sendiri berkisar antara 2500 – 8000 Won

Saya dan istri membeli yang harga 2500 Won / kartu dengan design karakter Line Apps (saya mendapatkan karakter Brownie).

Menggunakan T-Money di Seoul - Brownie
Menggunakan T-Money di Seoul – Brownie

03. Bagaimana Cara Top Up Saldo T-Money?

Untuk cara top saldo T-Money, saya akan terangkan per langkah ya, karena memang ada beberapa bagian yang harus kalian lakukan:

01. Cari Vending Machine terdekat (untuk di Bandara Incheon ada di dekat Arex Subway Station di lantai yang sama dengan 7-Eleven).

Menggunakan T-Money di Seoul - Arex Subway Station
Menggunakan T-Money di Seoul – Arex Subway Station

02. Sentuh layar LCD nya, lalu pilih Bahasa Inggris (English) pada menu (Sampai tulisan ini di buat belum ada info tentang Bahasa Indonesia / Melayu).

Menggunakan T-Money di Seoul - Top Up Saldo 1
Menggunakan T-Money di Seoul – Top Up Saldo 1

03. Lalu, pilih Reloading the transit card (Ini untuk Top Up).

Menggunakan T-Money di Seoul - Top Up Saldo 2
Menggunakan T-Money di Seoul – Top Up Saldo 2

04. Ketika gambar di bawah ini muncul di layar LCD, taruh Kartu T-Money di Slot yang telah di sediakan.

Menggunakan T-Money di Seoul - Top Up Saldo 3
Menggunakan T-Money di Seoul – Top Up Saldo 3

05. Letak Slot untuk menaruh Kartu nya berada di bawah dari LCD (agak ke tengah).

Menggunakan T-Money di Seoul - Top Up Saldo 4
Menggunakan T-Money di Seoul – Top Up Saldo 4

06. Setelah kartu di letakkan di posisinya, layar otomatis pindah ke menu berikutnya. Pilih berapa nominal yang akan kalian Recharge / Top Up. Pilihannya 1000 – 50.000 Won.

Menggunakan T-Money di Seoul - Top Up Saldo 5
Menggunakan T-Money di Seoul – Top Up Saldo 5

07. Lalu, masukkan Uang Kertas sesuai dengan Jumlah Nominal Top Up yang kita pilih tadi, letak slot nya ada di sebelah kanan bawah dari LCD, kalian cukup memasukkan ujung dari Uang Kertas tersebut, otomatis mesin akan menarik nya. Contoh jika pilih Top Up 10.000 Won, masukkan 1 lembar 10.000 won atau 2 lembar 5000 won atau 10 lembar 1000 won.

Menggunakan T-Money di Seoul - Top Up Saldo 6
Menggunakan T-Money di Seoul – Top Up Saldo 6

08. Proses Recharge / Top Up pun mulai dilakukan dan di tandai dengan muncul nya gambar seperti di bawah ini di Layar LCD. Pada proses ini jangan pindahkan atau sentuh Kartu T-Money nya karena bisa ter cancel transaksi nya.

Menggunakan T-Money di Seoul - Top Up Saldo 7
Menggunakan T-Money di Seoul – Top Up Saldo 7

09. Reloading Has Been Completed, berarti proses Top Up Saldo sudah selesai dan akan terlihat Total Sisa Saldo yang ada di Kartu T-Money kalian. Dan kalian sudah boleh mengambil Kartu tersebut dari mesin.

Menggunakan T-Money di Seoul - Top Up Saldo 8
Menggunakan T-Money di Seoul – Top Up Saldo 8

04. Bagaimana Menggunakan T-Money di Seoul?

Ok, kalian sudah membeli kartu T-Money lalu Top Up Saldo di Vending Machine, proses selanjut nya yang kalian lakukan adalah Menggunakan T-Money tersebut.

Pada umumnya T-Money ini di peruntukkan untuk sistem pembayaran Hampir Semua Moda Transportasi di Seoul khususnya dan Korea Selatan umumnya, jadi mari kita mulai dari Menggunakan T-Money di Seoul Subway:

  • Ketika kalian akan masuk ke sebuah Subway Station di Seoul, pasti kalian akan melihat Gerbang, beserta mesin-mesin nya. Nah, di mesin itu lah kalian menggunakan Kartu T-Money.
  • Kalian hanya perlu Menyentuh (Tap) kartu T-Money, pada area yang telah di sediakan di Mesin tersebut. Biasanya areanya di tandai Warna Kuning.
  • Setelah kartu di Tap tunggu beberapa detik (kartu jangan di angkat dari mesin) sampai Keluar tulisan Jumlah Saldo kartu kalian saat itu di LCD Monitor mesin tersebut.
  • Pintu kecil Gerbang akan terbuka dan kalian boleh masuk.
  • Nah ketika mau Keluar dari Stasiun (Stasiun Tujuan kalian) Tap kembali di Mesin di Gerbang Keluar, tunggu sampai keluar Saldo kalian yang sudah terpotong di Monitor Mesin.
  • Pintu Gerbang pun terbuka.
Menggunakan T-Money di Seoul - Gerbang Subway Station
Menggunakan T-Money di Seoul – Gerbang Subway Station

05. Berapa Biaya Sekali Menggunakan Subway?

Nah ini yang menarik, karena disinilah hal penghematan itu terjadi (dan di akhir tulisan ini saya akan bagi sedikit tips yang lebih hemat lagi). Karena, biaya untuk Sekali Keluar dan Masuk Stasiun itu hanya 1350 Won (2016). 

Jadi, tidak masalah seberapa jauh Stasiun awal dan akhir kalian ataupun seberapa banyak Line (jalur kereta) yang kalian gunakan, selama kalian tidak keluar Gerbang, tetap akan di hitung 1350 Won.

06. Apakah T-Money ada Expired nya?

Tidak, T-Money Tidak Pernah Expired atau Kadaluarsa, kecuali jika Rusak, Patah, Terbakar atau Hilang, jadi kalian harus beli lagi. Namun jika tidak ada permasalahan tersebut, T-Money bisa kalian Top Up lagi pada kunjungan ke Korea Selatan (mungkin 10 tahun lagi :P).

07. Di Kota Mana Saja T-Money Bisa Digunakan?

T-Money bisa digunakan hampir di seluruh kota di Korea Selatan berikut daftarnya:

  • Seoul
  • Incheon
  • Gyeonggi
  • Daejeon
  • Daegu
  • Busan
  • Gwangju

Namun perlu diperhatikan, tidak semua kota tersebut bisa Top Up Saldo T-Money menggunakan Vending Machine, karena seperti Busan, mereka punya tipe kartu mirip T-Money yang khusus untuk Kota Busan saja. Untuk info lengkap nya bisa baca ke Official Site of Korea Tourism.

08. Bagaimana Cara Me-Refund Sisa Saldo T-Money?

Jadi kalian masih memiliki sisa saldo di T-Money yang cukup banyak, sayang juga jika tidak di pakai karena sudah mau pulang ke Indonesia kan. Jangan khawatir Sisa Saldo itu bisa Dikembalikan (Refund).

Ada beberapa cara untuk Me-Refund Sisa Saldo T-Money:

  • Jika Sisa Saldo di bawah 20.000 Won, kalian bisa me-refund nya di Convenience Store seperti 7-Eleven, GS25, dll. Namun, dengan membayar biaya servis sebesar 500 Won (Cash).
  • Jika Sisa Saldo di atas dari 20.000 Won, kalian harus me-refund nya di T-Money Headquarter, lokasi nya tepat di Luar dari Exit 8, Seoul Station.

 


Extra Tips: Cara Hemat Biaya Transportasi Menggunakan T-Money di Seoul

Seperti janji saya, akan memberi tahu sedikit tips untuk berhemat biaya transportasi di Seoul. Hal ini harus menggunakan T-Money dan menggunakan 2 moda transportasi yaitu Bus dan Subway.

Moda Transportasi Bus pembayarannya juga menggunakan T-Money dan harga sekali menggunakan Bus itu 1300 Won (jauh dekat sama saja).

Nah, trik nya adalah jika kalian menggunakan Bus lalu lanjut menggunakan Subway tetap hanya akan di kenakan Biaya 1350 Won (Biaya Subway saja). Karena, peraturannya adalah di beri rentang waktu 30 menit jeda untuk turun dari Bus hingga naik Subway, sehingga yang di bayar hanya Subway saja.

Namun, tidak berlaku kebalikannya Subway lalu naik Bus.

Jadi harus ingat jeda waktu 30 menit ketika turun dari bus hingga naik subway lagi, itulah trik berhemat nya.


Ya demikian lah sedikit info dan tips Cara Menggunakan T-Money di Seoul dari yang kami alami selama perjalanan ke Seoul 2016 lalu. Jika kalian perlu info tentang Jepang, saya punya cerita yang bisa di bagi di

Perjalanan Unik 5 hari di Tokyo Jepang

Semoga berguna dan silahkan jika ada yang mau di tanyakan posting di kolom komentar ya. 😀

 

21 COMMENTS

  1. hy mas, mau tanya kalo ada sisa saldo di t-money apakah sisanya bs di uangkan? Jika bisa, dimana kita menukarkannya? Thx

    • Halo Dinj, Sisa Saldo T-Money bisa di refund. Jika sisa saldo nya dibawah 20.000 Won bisa di uangkan di Convenience Store terdekat dengan membayar biaya servis 500 won.

      Jika sisa saldo di atas 20.000 Won, Refund dilakukan di T-Money headquarters, lokasi nya tepat luar dari Exit 8 Seoul Station. 🙂

  2. really good info..
    cuma mahu bertanya, contohnya naik subway dari seoul stn nak ke gapyeoung..so T-Money perlu pilih dahulu perjalanan di machine (Seoul – Gapyeoung)?
    atau naik terus di seoul stn dan tukar di Sangbong Stn ..drp Sanbong ke Gapyong waktu turunnya baru dipotong chargenya?

    • No, tidak perlu pilih destination di Vending Machine dulu, the machine only for Top Up Balance.

      This one is correct:

      atau naik terus di seoul stn dan tukar di Sangbong Stn ..drp Sanbong ke Gapyong waktu turunnya baru dipotong chargenya

  3. Boleh nanya? Misalnya saya baru saja sampai di korea (bandara icn) apakah saya bisa memakai t-money untuk ke Seoul? Kalau bisa bagaimana caranya? Pakai transportasi apa? Terimakasih

  4. Oh ya mas mau tanya beda T-money yang 2500W dengan 8000W apa ya? Trus kalo sisa saldo ga diuangin lagi, kalo misal kita nanti balik kekorea misal 5 tahun lagi uang di T-money nya masih bisa dipake?

    • Beda nya 2500 dan 8000 kalau gak salah itu yang 8000 bisa Personalise Card, jadi kartunya udah ada data2 kita dari Nama, Email dll. Kalau yang 2500 itu kosong aja.

      Ya, masa berlakunya Lifetime kok, jadi saldo nya gak kan hangus.

  5. Ini informasi lengkap banget makasih… Boleh minta kontaknya buat antisipasi jika ada pertanyaan mendadak?

  6. halo, saya mau tanya..ketika naik bus menggunakan Tmoney itu sdh otomatis terbayar kan? wkt turun bus tdk perlu tap lagi? kemudian setelah turun bus dan lanjut ke subway, itu di tap lg kartunya dan apakah memang saldo tidak terpotong? terima kasih ya

    • Turun Bus Harus TAP, kalau gak Tap bisa di kejar supir bus nya karena kabur gak bayar. Lalu, habis Tap turun dari Bus, tap lagi ke subway seperti biasa selama belum lewat 30 menit dari tap turun dari bus. Gak akan terpotong lagi kok. Memang pasti agak bingung ya, tar deh saya bikin skema pake gambar biar gampang di mengerti.

      Banyak juga sih yang tanya2 ini dan bingung dengan skema nya

Leave a Reply